Bagai mana tidak Touring kali ini bersamaan dengan pasca pemboman di hotel Ritz carlton dan Marriot, sehingga otomatis sistim keamanan dinaikan posisinya menjadi Siaga 1, tentunya ini sedikit menghawatirkan RC karena seperti biasanya situasi seperti ini akan banyak pemeriksaan di semua akses menuju dan keluar ibukota, dan tentu saja akan menjadi sedikit hambatan di event kali ini...(RC dan seluruh keluarga besar BMS turut berduka atas korban yang meninggal maupun luka atas kejadian tersebut...)
karena waktunya sudah direncanakan dengan matang maka acara ini tetap dilanjutkan touring stage rombongan sudah di hadapkan pada razia / pemeriksaan polisi besar-besaran di post meeting poin di margonda, belum lagi salah satu peserta rontok mesin di perjalanan menuju ciawi via sentul, sehinggah harus mundur sebelum bertarung ini tentu saja memanaskan perolehan nilai konstruktor yang semakin merapat antara teampabrikan....,macet...macet....karena long week end macet luar biasa terjadi di route puncak dari ciawi sampai taman safari...tapi rombongan ini terus bergerak menuju titik rest area lembang....
Kali ini RC menyiapkan lokasi SS yang cukup lengkap mulai dari High Speed corner hingga twisty medium speed, dan dengan jumlah SS yang cukup banyak serta mencoba beberapa aplikasi sisitim baru yaitu sistim handicap waktu dan sistim re-seeding start...idenya ada lah untuk muningkatkan suhu pertarungan antar ace rider dan rookie juga antar class motor sendiri, ini penting untuk pembibitan mengasah kemampuan para petarung muda generasi riders penerus BMS touring...yang patut mendapat catatan disini adalah makin membaiknya indeks perlawanan para petarung muda ini di setiap SS perkembangan nya sangat patut mendapat perhatian dan apresiasi, dengan seringnya mereka hadir di lintasan pada touring mendatang bukan tidak mungkin pembinaan akan lahirnya pembalap muda yang di harapkan dapat mengukir prestasi terbaik seperti para pendahulunya, ini juga di perluhatkan dengan banyak nya jumlah serta variasi jenis SS terbukti mulai terlihat nama-nama baru naik podium di beberapa SS, juga ada muka lama yang ikut bersinar di beberapa pertarungan, untuk pada ace rider menjadi tantangan tersendiri mangatasi para riders muda ini untuk tetap menjaga stamina dan ritme permainan dan secara tidak langsung menanamkan mental bertarung yang baik untuk pembinaan para riders muda....tentu saja yang sangat diharapkan tetap menjadi ajang mempertajam kemampuan berkendara dari masing-masing rides....keep squeeze your throttle full bro....
The Circuit....
Pre start di meeting point I nasi goreng Alex CK Gandaria, Official Start jam 23.30
meeting point II Regrouping di Margo City-Depok jam 24.00
Arrive Lembang Rest jam 05.30
SS 1 - Lembang A - lembang down hill turunan Emen - Ciater
6 Km - aspal smooth - high speed
Pagi langit cerah dan tidak seperti yang di kawatirkan sebelumnya akan kendala kabut tebal tidak terjadi...star dari rest area jam 8 pagi sistim handicap dan pengaturan urutan start sesuai dengan class motor, setelah berdiskusi antara RC dan asosiasi pembalap dikarenakan tidak hadirnya beberapa pembalap kelas superbike dan mundurnya beberapa pembalap moto GP maka regrouping kembali di lakukan di dengan menaikan beberapa pembalap superbike kedalam class moto GP dan diberikan handicap waktu 25 detik terhadap pembalap supersport.....dimulai dengan brief dan dilanjutkan dengan berdoa bersama dari ketua asosiasi pembalap Ndink Capirossi...dan start dilakukan....langit cerah, suasana jalan tidak terlalu sepi cukup menjadi kendala untuk start dimulai dari class supersport dan 25 detik kemudian diikuti class moto GP...sensasi turunan Emen yang sangat terkenal tikungan dan turunan di disini terkenal sangan meguras kemampuan membalap yang harus bisa menahan kecepan motor yang luar biasa ajang penyiksaan untuk semua aspek di kendaraan manariknya di SS ini dengan handicap waktu cukup mengejutkan dengan naik podiumnya dua pembalap muda berbakat...
SS 2 - Lembang B - Ciater - pertigaan jalan cagak
7 Km - aspal smooth - high speed
Di Stages ini para Ace riders mulai menghangat ini terlihat dari posisi podium yang diisi oleh para pembalap dari klas moto GP tidak menyisakan podium bagi para pembalap muda....sirkuit ini juga menyajikan sensasi kecepatan yang tak dapat dilupakan lebarnya sirkuit juga menyajikan kenikmatan tersendiri...tikungan high speed, perbukitan....memompa adrenalin ke level yang cukup tinggi...
SS 3 - Rancakalong A - pompa bensin rancakalong - pertigaan masjid rancakalong
15 Km - smooth twisty dan sedikit bumpy - medium speed
Lintasan ini patut mendapat perhatian karena cukup panjang tidak terlalu lebar dan sudut jalan chamber nya negatif menguras stamina para riders untuk menahan gas, ruang koreksi sangat sempit disini jadi terlambat memainkan ritme gas, rem, steering akan keluar lintasan, ini menarik karena dengan begitu pera riders berusaha menjadi yang tercepat, tetap waspada dan fokus terhadap lintasan belum lagi kondisi banyaknya blind corner terutama tikungan ke arah kanan yang banyak harus di waspadai kendaraan dari arah berlawanan....sekali lagi para riders muda dari kelas supersport berusaha keras menempel catatan waktu para pembalap moto GP....
SS 4 - Rancakalong B - pompa bensin kecil - pertigaan warung
7 Km - smooth twisty dan sedikit bumpy - medium speed
panas terik matahari mulai menyirami sirkuit senpit berliku dan bergelombang ini ciri dari lintsan ini tak menyurutkan suhu pertarungan setelah SS 3 yag cukup panjang menguras stamina, terlihat beberapa riders menguragi intensitas nya dan ini tidak terjadi pada pemegang pole postiton sebelumnya masih meguasai SS ini....
SS 5- Rancakalong C - pertigaan warung - pertigaan lampu merah
2 Km - smooth mix twisty/bumpy sedikit berpasir| - medium speed
SS ini cukup menarik karena cukup pendek, dan diawali dengan turunan yang diikuti tikungan patah 90 derajat blind dan sedikit berpasir...serta jalanan berliku yang tidak terlalu lebar...sangking pendeknya dan sempit sangat sulit mendahuliui lawan di sirkuit ini....jadi posisi didepan sangat sekikit celah untuk manyalip...ini menghasilkan podium oleh dua pembalap muda...catatan juga pantas di tujukan ke Koko Sykes...bisa mendapatkan sirkuit yang pas dengan settingan motornya tampak bisa naik ke peringkat ke 4 dan juga persaingan dua pembalap muda slamet dan roy...
SS 6 - Rancakalong C1 < reversal Rancakalong C> - lampu merah - pertigaan warung
2 Km - smooth mix twisty/bumpy sedikit berpasir - medium speed
SS ini kebalikan dari SS 5 membuat persaingan menjadi sangat sengit apalagi menjelang tikungan akhir dan tanjakan disini terlihat kematangan ndink memanfaatkan moment ini dengan jam terbangnya yang tinggi sedikit slip karena pasir langsung dikoreksi dan melesat menjadi yang tercepat diikuti rendra malang bagi achobule yang harusnya mendapat podium ke tiga karena menanjak power kurang mumpuni kesempatan ini dimanfaatkan oleh koko untuk tancap gas walau sempat berebut masuk di tikungan akhir dengan slamet dan diikuti oleh roy...ketiganya langsung open thortle...and finish....ini merupakan momet terbaik dari rider koko untuk menjadikan podium pertamanya sepanjang karier balapnya.....what a finish....
SS 7 -Rancakalong D - pertigaan warung - lampu merah pertigaan patung kuda
4 Km - smooth mix twisty/bumpy sedikit berpasir - medium speed
SS ini juga cukup pendek tapi dan memiliki sedikit perbedaan dengan SS sebelumnya tetap berliku dan beberapa tikungan tajam tepat di perbukitan yang cukup dekat dengan jurang yang hanya di berikan pagar besi yang sudah tidak mulus menandakan banyak modil yang tersangkut di tikungan tersebut....dan yang lebih menarik SS ini dilemkapi dua buah gundukan yang bisa di bayangkan peserta touring ini dengan kecepatan tinggi melintas di gundukan tersebut...berterbangan.....sebuah sensasi lain....
SS 8 - Rancakalong D1 <reversal Rancakalong D> - patung kuda - pertigaan warung
4 Km - smooth mix twisty/bumpy sedikit berpasir - medium speed
setelah break lunch semangat pembalap kembali pulih walau panas terik tidak mengurangi semangat para riders menempuh lintasan ini, disinilah mulai terlihat akumulasi kelelahan...dan para ace riders kelihatan dapat memanfaatkan luch break dengan sedikit instirahat walau sejenak tapi membantu melepas lelah...terlihat stamina yang fit dapat menguasai SS ini....
SS 9 - Rancakalong E <reversal Rancakalong B>- pertigaan warung - pompa bensin kecil
7 Km - smooth twisty dan sedikit bumpy - medium speed
Kebalikan dari SS 4 dengan jalan sedikit menanjak tentu saja menjadi sasaran empuk bagi motor class moto GP selain telah sedikit mempunyai gambaran dari lintasan sebelumnya dengan kematangannya dapat dengan mudah kembali menguasai SS ini...
SS 10 - Rancakalong F <reversal Rancakalong A>- pompa bensin kecil - pompa bensin besar
18 Km - smooth twisty dan sedikit bumpy - medium speed
Kebalikan dari SS 3 panjang berliku dan mulus adalah julukan yang tepat untuk lintasan ini power engine dan skill, stamina para riders kembali diuji dilintasan ini...
SS 11 - Sagalaherang - panti asuhan - wanayasa
14km - smooth medium to high speed
sirkuit ini sangat memanjakan pera riders dengan tikungan yang bisa di lahap dengan medium speed dan mulusnya lintasan semakin membuat rider tak sungkan meng eksplorasi seluruh kemampuan skill dan kendaraannya, sayang ada sedikit kecelakaan yang nyaris membuat rendra mengalami kecelakaan fatal berkat reflek yang cukup baik dapat mengindar dari tabrakan frontal tapi senggolan atara mobil dan motor tidak dapat di elakan...beruntung rendra tidak mengalami luka....yang bisa membuat SS ini dapat di batalkan...setelah proses dengan pihak mobil diselesaikan SS di lanjutkan...tapi tak lama kemudia hujan turun dengan deras nya beberapa riders berhenti untuk menggunakan raincoat dan ada yang tetap melanjutkan SS hingga mengubah hasil akhir finish...
SS 12 - Pasawahan A 10 km batal
SS 13 - Pasawahan A1 < Reversal Pasawahan A> 10 km batal
SS 14 - Darangdan 4 km batal ada peserta yang lost
SS 15 - Padalarang 25 km batal sudah terlalu gelap demi alasan safety.
demikian ulasan seri ke V kali in tetap banyak pelajaran dari setiap touring yang kita jalani bersama tetap menjaga tali persahabatan Brotherhood and...keep ride on...and riding safety....
No comments:
Post a Comment