Wednesday, April 6, 2011

dedicated to my 1st son Enzo Fernandito

dedicated to my 1st son Enzo Fernandito 


February 28, 2008
enzo nama ini di ambil dari pencipta ferarri, Edino Enzo Ferarri, mobil ciptaannya sangat khas dengan warna merahnya, dan karena desainnya klasik maka dipilih juga motif yamaha edisi 50 ulang tahun, dan tanpa di sengaja enzo ini juga pengemar warna merah...


ini kisah nya...


Kesan Retro Sporty Buat Si Fino 

Diawali dari diskusi kecil dengan teman lama Mr. Rawal pemilik Motor Otostlyle, dengan menciptakan sebuah proyek sederhana. Idenya, diperkuat atas dasar kemauan mempunyai motor matik bergaya retro sporty look, tetapi tetap nyaman ditunggangi untuk harian alias daily use dan bisa sedikit diajak "olahraga".
Akhirnya setelah ide dan konsep matang, jatuhlah pilihan pada Yamaha Mio Fino yang retro look (classic style but fancy). Maka dengan diakomodir Mr. Rawal, full body kit Yamaha Mio Fino diterbangkan langsung dari Negara Gajah Putih Thailand.
Untuk menambah kesan klasik yang kuat maka dipilih lah putih smoke silver edisi 2008 sebagai baju yang membalut si Matic yang berdasar putih. Perlu waktu dua hari untuk men-dress up body Fino ini ke Mio, karena menurut Mr. Rawal ada sedikit dudukan body yang harus disesuaikan, dan alhasil jadilah Fino step pertama saya dengan sentuhan Mr. Rawal.
Supaya bertambah sporty look dan semakin "greget", tak ketinggalan beberapa aksesoris tambahan seperti shock breaker depan-belakang Trusty, handle rem dan grip LHK, wind shield Fino, dan side skirt ikut melengkapi Matic semakin sporty di jalanan ...step one done...

Ok step pertama sudah terwujud, dan berikutnya adalah dapur pacu yang tak luput dari sentuhan. Basicly, karena si Fino sporty ini digunakan harian dengan rutenya yang tidak menentu (random map) alias kadang macet...kadang kosong melompong, mau siang "kedombrang" till midnight, dan pastinya tetap di "p.e.r.k.o.s.a" ya pokoknya segala cuaca dan medan deh, baik dalam dan luar kota dan tentunya bisa di ajak sedikit "berolah raga". Maklum kadang berkejar-kejaran sama deadline yang terkadang mesti melalah banyak tempat dan dengan waktu yang relatif mepet. Jadi ya resikonya si Fino harus diajak "olahraga" sedikit...hehehe.

 kebutuhan tunggangan yang bisa dibilang Ojek banget, saya coba berdiskusi dengan beberapa teman, dan hasilnya si Fino dirujuk ke JP Racing milik Mr. Coki untuk membuat sentuhan kecil tapi pas untuk menemani kesibukan saya yang super-duper gila. Setelah mendengar konsep yang diinginkan, maka Mr. Coki meciptakan sebuah konsep Bore Up "harian" seperti yang saya inginginkan.
Konsep Bore Up seperti itu ternyata menguntungkan. Sebab, sama sekali tidak perlu merusak part orisinal dari Yamaha Mio. Karena JP Racing sendiri telah menyiapkan paket komplit dari blok, piston, camshaft, silinder head, klep, hingga pulley...Jadi JP Racing memang memperhatikan detail kebutuhan tanpa merusak part orisinilnya, benar-benar tinggal plug and play...Dan yang terpenting final tune alias setting akhir buat dapur pacu sesuai kebutuhan yang diinginkan. Finally step two done

Setelah urusan mesin selesai, sekarang fokus kembali ke urusan body, karena konsepnya tidak ingin terkesan retro clasic look seperti kebanyakan yang sudah banyak diadopsi teman-teman Fino Owners lainnya. Maka saya menginginkan si Fino ini mennjadi tunggangan yang sporty, dengan begitu dibuat lah ide retro sporty look, dengan melihat banyak referensi yang akhirnya saya mempercayakan HSN Paint buat menggarap ide ini.
Setelah berdiskusi dengan Hasan Basri pemilik HSN Paint akhirnya diputuskan untuk mengadopsi konsep Yamaha 100 Anniversary yang dipergunakan Valentino Rosi pada Kuda Besinya pada GP Racing Season 2007 yang bertepatan dengan peringayan seabad Yamaha, yaitu dengan base putih dengan striping motif kotak-kotak merah ciri khas Yamaha dan sedikit strip hitam tipis untuk mempertegas. Dan beberapa komponen lainnya seperti velg, behel belakang dan speedo meter diberikan sentuhan titanium look untuk mempertajam aroma sporty look si Fino...
Setelah pisah ranjang selama 14 hari...Finaly jadi juga tuh Fino dengan retro sporty look, tetu saja dengan sentuhan visual akhir ini lebih menguatkan konsep awal saya.

Special thx to:
Mr. Rawal - Motora Ottostyle
Mr. Coki - JP Racing
Mr. Hasan Basri - HSN Paint

Photo by - Sandy Juniar

Nb: Kalau kebetulan kita berpapasan di jalan, klakson aja 2x Pasti dibales.
Satu lagi bro, kalau kebetulan ni Fino lagi "olahraga" jangan marah ya (maklum Deadline hehehe punteun jangan ngambek ya bro).






OWNERS : ACHOBULE 

ENGINE : 
• Karburator ( oem yamaha ) 
• Piston Bore Up Ф 58 
• Camshaft F38 type F1
• Per Klep Sonic & Klep 28 in 24 out 
• Knalpot Kawahara 

KAKI - KAKI : 
• Pelek Yamaha OEM 14 inch 
• Ban 
o Front merk Indotyre  ukuran 90/90 -14 
o Rear merk  Indotyre  90/90 - 14 
• Shock Breaker 
o Front merk Trusty 
o Rear merk YSS 
• Pulley 
o kawahara 13 derajat 
• CVT 
o Roller merk LHK 

AKSESORIES : 
• Windshild Fino OEM 
• Side skirt Fino OEM 
• Oil Temperatur 
• Brake Handle OEM 
• Grip Handle Kitaco 

No comments:

Post a Comment